Bakti Gempa Cianjur

Bantu Kebutuhan Psikologis Penyintas Gempa Cianjur, STIM Budi Bakti terjunkan Tim Kemanusiaan dukungan Layanan Psychological First Aid*

Kampus Budi Bakti mengerahkan Tim Kemanusiaan Bakti Care sebagai layanan pendampingan Psychological First Aid (PFA) Kamis, (08/12/2022).

PFA atau pemberian pertolongan psikologis pertama kepada para korban gempa bumi di Cianjur, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif stres dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan mental yang lebih buruk akibat terpapar bencana alam atau situasi kritis.

Ketua Tim Kemanusiaan Bakti Care, Hasna mengatakan, pihaknya saat ini melaksanakan dua kegiatan yaitu Asesmen dan Layanan PFA pada Jum’at (09/12/2022).

Tim Asesmen melakukan koordinasi di dua titik pos pengungsian untuk melakukan layanan PFA di Kampung Poponcol, Kampung Kondang dan Kampung Haregem Desa Galudra Kecamatan Cugenang.

Tim PFA menyasar para penyintas gempa bumi, terutama penyintas anak-anak, di Pengungsian Pemakaman warga Pesona Cianjur Indah Kampung Nanggeleng RT. 03 RW. 01 Desa Nagrak Kecamatan Cianjur.

Di pengungsian itu, terdapat sebanyak 45 orang penerima manfaat yang terdiri dari 15 perempuan dan 30 laki-laki. Mereka pun antusias mengikuti kegiatan PFA.

Widia salah satu Tim PFA Bakti Care menyebutkan, kegiatan dimulai dengan ice breaking dan bernyanyi lalu juga ada bermain boneka tangan . “Aku tadi bermain dan bernyanyi bersama kakak-kakak, senang sekali,” ucap salah satu adik.

“Kami mengajak adik-adik untuk kembali ceria, melupakan kejadian gempa bumi kemarin agar tidak merasakan kesedihan yang berlarut,” ujarnya Jum’at (09/12/2022).