PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. HUTAMA JAYA INDONESIA
Oleh :
Ahmad Juhari1, Bayu Firdaus2
ah.juhari@gmail.com, bayu.firdaus88@gmail.com
Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti, Bekasi
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh harga
(price) dan kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan
(customer satisfaction) pada PT. Hutama Jaya Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga (price) dan
kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan (customer
satisfaction) pada PT. Hutama Jaya Indonesia . Hasil penelitian diperoleh
persamaan regresi linier sederhana Y = 3.522 + 0.997X1 + 0.754X2. Ada
pengaruh antara harga terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan
nilai thitung = 19,888, ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan secara parsial dengan nilai thitung = 16.051 dan ada pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan dengan nilai Fhitung = 3.522. Secara keseluruhan harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan
pelanggan sebesar 0,957, hal ini berarti 95.7% kepuasan pelanggan pada PT.
Hutama Jaya Indonesia – Bekasi dipengaruhi oleh variabel harga dan kualitas
pelayanan, sedangkan sisanya 4.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang
berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
The problem of this research is how the effect of price and quality of service
towards customer satisfaction in PT. Hutama Jaya Indonesia. This study
aims to determine the effect of price and quality of service towards customer
satisfaction in PT. Hutama Jaya Indonesia. The results obtained by simple
linear regression equation Y = 3.522 + 0.997 X1 + 0.754X2. There is
influence between price to customer satisfaction partially with value thitung =
19,888, there is influence of service quality to customer satisfaction partially
with value thitung = 16.051 and there influence price and service quality
simultaneously with value Fhitung = 3,522. Overall price and quality of service
affect customer satisfaction of 0.957, this means 95.7% customer satisfaction
18 at PT. Hutama Jaya Indonesia – Bekasi influenced by price and service
quality variables, while the remaining 4.3% is influenced by other variables
that are outside the variables studied in this study.
Keywords : Price, Quality of Service and Customer Satisfaction
Leave a Reply